Jumat, 15 Januari 2021

Lab Komputer

 
Laboratorium Komputer di SMK Islam Secang dapat menampung 54 Komputer yang terdiri dari 54 unit Komputer untuk client dan 2 unit komputer untuk server, juga terdapat 15 Laptop serta telah dilengkapi Projector Audio Video (Multimedia) dengan spesifikasi Komputer  Core i3 , Core i5  dan Core i7.

Laboratorium Komputer ini difasilitasi dengan wifi, yang bisa digunakan oleh siswa dan guru untuk mengerjakan tugas, sekaligus mengakses internet yang disediakan Sekolah.

Laboratorium Komputer ini lebih dikuhususkan penggunaannya untuk kegiatan belajar mengajar-mengajar dan sebagai ruangan Multimedia yang berkaitan dengan pelajaran. Laboratorium Komputer juga dilengkapi dengan aplikasi software Microsoft Office, aplikai editor, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain.


Lab. Komputer merupakan fasilitas yang disediakan oleh sekolah yang berfungsi untuk menunjang terlaksananya Proses Belajar Mengajar (PBM) atau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Salah satu fasilitas Lab. Komputer yang sangat diminati yaitu menonton Film 3D dan jaringan internet. Apakah fasilitas jaringan internet tersebut bisa kita manfaatkan? Banyak sekali manfaat jaringan internet yang ada di Lab. Komputer Sekolah, bukan hanya untuk sekedar pelengkap KBM atau bukan hanya untuk sekedar Update Status di Medsos (Facebook, Twitter, WA, Youtube, Instagram, dll.), akan tetapi ada salah satu materi Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, siswa kelas 7 belajar bagai mana cara membuat presentasi yang baik dan benar, siswa kelas 8 belajar bagaimana cara  membuat Poster yang menarik, dan kelas 9 belajar bagaimana caranya membuat Film Pendek dan bagaimana cara membuat literasi (blogging), presentasi, desain grafis, editing, dan bloggingnya sudah dapat, kemudian diterapkan untuk menghasilkan beberapa produk diantaranya poster dan film pendek untuk ditayangkan/ diputar/ ditonton secara bersama-sama. Itu semua nantinya untuk pengembangan diri dan/atau disalurkan sebagai hobi. Silahkan manfaatkan Lab. Komputer Sekolah untuk melakukan/menghasilkan karya yang positif.

Dengan menerapkan standar ideal fasilitas laboratorium komputer di sekolah yang ditetapkan oleh pemerintah sebenarnya belum memenuhi kriteria perkembangan di zaman modern. Masih banyak yang perlu di tambahkan untuk mencapai idelisme sejati sehingga pengetahuan yang didapat lebih luas lagi tidak sekedar praktikum komputer biasa. Perkembangan yang dapat diadopsi seperti perkembangan komputer dengan bentuk papan tulis fisik yang dapat dipakai oleh siswa untuk berkreatifitas menuangkan idenya khususnya dalam hal menggambar. Ada juga komputer yang bisa menampilkan simulasi secara nyata melalui virtual reality di ruang lab menggunakan handset virtual reality (VR) sehingga pembelajaran terasa lebih jelas dan menyenangkan. Tetapi masalahnya untuk memenuhi semua itu sebuah lab harus mengelurkan budget yang tidak kecil karena semuanya berasal dari peralatan yang canggih yang berkembang zaman modern ini.




0 komentar:

Posting Komentar