Program Studi : Teknik Kendaraan Ringan
Tujuan dari program jurusan teknik kendaraan ringan secara umum adalah untuk menghasilkan lulusan tingkat menengah yang berwawasan, berpengetahuan yang cukup dan mampu bekerja di bidang teknik kendaraan ringan. Dalam penerapannya di SMK Islam Secang, Tujuan dan Capaian Pembelajaran Lulusan program studi teknik kendaraan ringan merupakan bagian atau gabungan dari tujuan sekolah , dimana Tujuan Sekolah adalah sebagai berikut :
- Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif yang mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya.
- Menyiapkan peserta didik agar mampu memillih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
- Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri kelak baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Membekali peserta didik kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.
- Mewujudkan SMK Islam Secang sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan pendidikan berkarakter
Pada tujuan sekolah ke 4 disebutkan Membekali peserta didik kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih (CPL 4) dalam hal ini adalah Teknik Kendaraan Ringan. Berdasarkan Tujuan sekolah tersebut, Program Studi Teknik kendaraan Ringan menetapkan target Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL ) untuk tahun pelajaran 2027 sebagai bagian dari tujuan satuan pendidikan / SMK Islam Secang adalah sebagai berikut :
- Peserta didik terampil, berpengetahuan, mempunyai sikap baik dan kompeten di bidang perawatan dan perbaikan kendaraan
berstandar industry . CPL4.1
- Peserta didik mengetahui dan memiliki sikap
Budaya Industri dan 5 S agar dan terbiasa
dengan sikap dan perilaku di dunia industri. CPL4.2.
- Peserta didik terampil, memiliki pengetahuan dan sikap
kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga / transmisi.
CPL4.3.
- Peserta didik
terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang perawatan
dan perbaikan system kelistrikan. CPL4.4.
- Peserta didik
terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang Sistem Engine Kendaraan Ringan. CPL4.5.
- Peserta didik
terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang sepeda motor
listrik. CPL4.6.
7
Profil Profesional Mandiri
Profil Profesional Mandiri merupakan cerminan kualitas dari lulusan setelah bekerja dalam profesinya selama 3 (tiga) – 5(lima) tahun. Profil profesional mandiri Prodi Teknik kendaraan Ringan SMK Islam Secang adalah lulusan yang memiliki kriteria sebagai berikut :
- Mekanik tingkat menengah / Junior mechanic teknik kendaraan ringan yang bekerja pada level menengah di bengkel / workshop teknik kendaraan ringan sesuai dengan bidang atau spesialisasi ( Standar Daihatsu atau Isuzu ).
- Sumber daya manusia yang mampu berperan aktif serta berkontribusi positif serta inovatif, baik mandiri ataupun dalam sebuah kelompok.
- Sumber daya manusia tingkat menengah yang dalam bekerjanya selalu mempertimbangkan faktor teknis, ekonomi, keselamatan dan keamanan lingkungan.
- Sumber daya manusia yang memiliki motivasi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.
Profil profesional Mandiri dibentuk berdasarkan analisis kebutuhan yang dikaitkan dengan Visi dan Misi SMK Islam Secang. Analisis kebutuhan Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Kendaraan Ringan telah dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa perkembangan pesat teknologi kendaraan ringan, perkembangan lingkungan dari berbagai sisi. Untuk mengakomodasi hal ini diperlukan pendidikan yang mempunyai tujuan dan mendukung ketahanan hidup siswa setelah lulus dari sekolah, baik saat bekerja, berwirausaha maupun melanjutkan pendidikan di level yang lebih tinggi.
Sistem dan prosedur yang digunakan untuk menetapkan dan mengevaluasi Profil Profesional Mandiri adalah melalui laporan hasil evaluasi profil lulusan hasil quesioner yang akan diterapkan mulai tahun 2024 oleh divisi BKK serta pertemuan yang akan dilakukan antara pihak sekolah dengan beberapa alumni.
Rumusan Profil Profesional mandiri Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Secang juga mempertimbangkan kebutuhan Sumber daya manusia yang dibutuhkan industri sesuai dengan kriteria yang ditetapkan industri. Untuk memenuhi kebutuhan dalam hal ini adalah industri, berkembangnya teknologi, penerapan teknologi dan sains, Program Studi Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Secang mempunyai beberapa Laboratorium / bengkel yang mampu beradaptasi dengan hal tersebut diatas, yaitu :
- Laboratorium Komputer.
- Laboratorium Kelistrikan Teknik Kendaraan Ringan
- Laboratorium Chasis dan pemindahan tenaga Teknik Kendaraan Ringan
- Laboratorium mekanikal engine Teknik Kendaraan Ringan
- Laboratorium Bisnis & Manajemen Bengkel Teknik Kendaraan Ringan
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
1.
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh |
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami proses bisnis
bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan,
serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan
kearifan lokal. |
2.
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global |
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami perkembangan
teknologi otomotif dan dunia kerja serta menganalisis isu-isu global terkait
dunia otomotif, antara lain penerapan elektronik di otomotif, mobil listrik,
kendaraan dengan kendali jarak jauh dan sejenisnya. |
3.
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. |
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami profesi dan
kewirausahaan di bidang otomotif (job-profile dan technopreneurship), serta
peluang usaha di bidang otomotif, untuk membangun vision dan passion, dengan
melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek
kewirausahaan. |
4.
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya
kerja industri, antara lain: praktikpraktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di
tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, penerapan budaya kerja
industri, seperti 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), dan etika kerja. |
5.
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. |
Pada akhir fase E peserta didik peserta didik mampu memahami
teknik dasar bidang otomotif melalui pengenalan dan praktik singkat
penggunaan alat ukur, pemeliharaan, perbaikan, pembentukan body kendaraan,
perakitan, serta pengenalan alat berat, dump-truck, dan sejenisnya |
6.
Gambar teknik |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menggambar teknik dasar,
termasuk pengenalan macam-macam peralatan gambar, standarisasi dalam
pembuatan gambar, serta praktik menggambar dan membaca gambar teknik, dan
menentukan letak dan posisi komponen otomotif berdasarkan gambar buku manual. |
7.
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menggunakan peralatan dan
perlengkapan kerja, antara lain persiapan, kalibrasi, dan penggunaan
peralatan dan perlengkapan sesuai jenis, fungsi dan manual perbaikan. |
8.
Pemeliharaan komponen otomotif |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan fungsi dan
cara kerja komponen utama engine (pada proses kerja motor 2 langkah dan 4
langkah), komponen pemindah tenaga, komponen casis, komponen tambahan dan
komponen perlengkapan lainya, mengidentifikasi struktur, fungsi dan lokasi komponen
otomotif, menerapkan persiapan form pemeriksaan sesuai manual perbaikan,
penggunaan tools dan SST di tempat kerja, menerapkan pemeriksaan komponen
dengan alat sesuai dengan manual perbaikan serta menyimpan hasil pemeriksaan. |
9.
Dasar elektronika otomotif |
Pada akhir fase E peserta didik mampu membuat rangkaian
elektronika dasar, termasuk pemahaman fungsi dan cara kerja komponen-komponen
elektronika dasar, perakitan, diagnosa gangguan, perawatan komponen-komponen
elektronika, serta pematrian komponen sesuai prosedur manual perbaikan,
pemeriksaan hasil pematrian secara visual, dan pengujian fungsi komponen
hasil pematrian. |
10.
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami prinsip dasar
sistem hidrolik dan pneumatik, termasuk fungsi dan cara kerja komponen sistem
hidrolik dan pneumatik, perawatan dan pengujian komponen sistem hidrolik dan
pneumatik. |
ROAD MAP / PETA JALAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
CPL |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
|||
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Semester 5 |
Semester 6 |
|
4.1 |
·
Bahasa Indonesia ·
PAIBP ·
TIK ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
PJOK ·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh ·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global ·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. ·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri ·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. |
·
Bahasa Indonesia ·
PAIBP ·
TIK ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Gambar teknik ·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja ·
Pemeliharaan komponen otomotif ·
Dasar elektronika otomotif ·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
PAI ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Konversi Energi Kendaraan Ringan ·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. ·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan ·
Perawatan Berkala Kendaraan Ringan (
Standar Daihatsu / Isuzu )
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIA dan XIB )
|
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIC dan XID )
|
PKL/Prakerind |
Evaluasi
/ UKK |
CPL |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
|||
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Semester 5 |
Semester 6 |
|
4.2 |
·
Bahasa Indonesia ·
TIK ·
PAIBP ·
PJOK ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri
|
|
|
|
PKL/Prakerind |
Evaluasi
/ UKK |
CPL |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
|||
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Semester 5 |
Semester 6 |
|
4.3 |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
PJOK ·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh ·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global ·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri ·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Gambar teknik ·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja ·
Pemeliharaan komponen otomotif ·
Dasar elektronika otomotif ·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Konversi Energi Kendaraan Ringan ·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. ·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIA dan XIB )
|
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Sistem Pemindah Tenaga Kendaraan
Ringan ·
Sistem Sasis Kendaraan Ringan
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIC dan XID )
|
·
PKL/Prakerind |
Evaluasi
/ UKK |
CPL |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
|||
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Semester 5 |
Semester 6 |
|
4.4 |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
PJOK ·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh ·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global ·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. ·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri ·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Gambar teknik ·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja ·
Pemeliharaan komponen otomotif ·
Dasar elektronika otomotif |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Konversi Energi Kendaraan Ringan ·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIA dan XIB )
|
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Elektrikal Kendaraan Ringan ·
Sistem Pengaman dan Sistem Kontrol
Elektronik Kendaraan Ringan.
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIC dan XID )
|
·
PKL/Prakerind |
Evaluasi
/ UKK |
CPL |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
|||
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Semester 5 |
Semester 6 |
|
4.5 |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
PJOK ·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global ·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri ·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Gambar teknik ·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja ·
Dasar elektronika otomotif ·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Konversi Energi Kendaraan Ringan ·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan ·
Perawatan Berkala Kendaraan Ringan (
Standar Daihatsu / Isuzu ) |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Sistem engine Kendaraan Ringan ·
Perawaatan
berkala Kendaraan Ringan
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIA dan XIB )
|
·
PKL/Prakerind
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIC dan XID )
|
Evaluasi
/ UKK |
CPL |
Tahun 1 |
Tahun 2 |
Tahun 3 |
|||
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Semester 5 |
Semester 6 |
|
4.6 |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
PJOK ·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh ·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global ·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. ·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri ·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif. |
·
Bahasa Indonesia ·
Matematika ·
Bahasa Inggris ·
IPAS ·
Gambar teknik ·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja ·
Pemeliharaan komponen otomotif ·
Dasar elektronika otomotif |
·
Konversi Energi Kendaraan Ringan ·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. ·
Prosedur Penggunaan Sepeda Motor ·
Perawatan Berkala Sepeda Motor
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIA dan XIB )
|
·
Sistem Engine dan mekanikal sepeda
motor listrik
Extrakurikuler ·
Pembekalan Praktik Materi Teknik
Kendaraan Ringan untuk PKL (
Kelas XIC dan XID )
|
·
PKL/Prakerind |
Evaluasi
/ UKK |
Hubungan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran (CPMP )
terhadap tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL )
Materi hubungan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran (CPMP ) terhadap tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL ) Teknik Kendaraan ringan adalah sebagai berikut :
1. Peserta
didik terampil, berpengetahuan, mempunyai sikap baik dan kompeten di bidang
perawatan dan perbaikan kendaraan berstandar industry mengacu pada PT. ASTRA
DAIHATSU MOTOR atau Armada Isuzu Magelang (AIM). CPL4.1 |
||
|
Semester 1 |
|
Mata
Pelajaran |
Elemen / Kompetensi |
Materi Elemen / Kompetensi |
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Menginterpretasi
informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Menggunakan sumber lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks |
PAI |
Akhlak |
Menghindari Akhlak Mazmumah:
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba |
TIK |
·
Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif ·
Menerapkan logika dan operasi perhitungan data |
·
Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata ·
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
Matematika |
Bilangan |
Peserta didik dapat menggeneralisasi
sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka
dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. |
Bahasa
Inggris |
Descriptive
text |
Siswa mampu
mendeskripsikan alat yang digunakan dalam bengkel. |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
PJOK |
·
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif ·
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik |
·
Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil
membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet
yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis
meja. ·
Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan
sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan
sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh |
Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses
Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna
Jual. |
·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global |
·
Dampak Perkembangan Teknologi
Otomotif terhadap Dunia Kerja ·
Isu-Isu Global Terkait Perkembangan
Teknologi Otomotif ·
Tantangan dan Peluang |
|
·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. |
·
Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif ·
Kewirausahaan di Bidang Otomotif
(Technopreneurship) ·
Peluang Usaha di Bidang Otomotif |
|
·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
·
Tujuan K3LH ·
Unsur-unsur K3LH ·
Budaya Kerja Industri yang Mendukung
K3LH ·
Penerapan K3LH di Industri Otomotif ·
Manfaat Penerapan K3LH |
|
·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif |
·
Teknik dasar pemeliharaan otomotif ·
Proses Perbaikan Otomotif ·
Bidang-Bidang Pemeliharaan dan
Perbaikan Otomotif ·
Alat dan Peralatan yang Digunakan ·
Keterampilan yang Dibutuhkan
|
|
|
|
|
|
Semester 2 |
|
Mata
Pelajaran |
Elemen / Kompetensi |
Materi Elemen / Kompetensi |
Bahasa
Indonesia |
·
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Menulis |
·
Mengolah
dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan
pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog,
dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik
mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam
diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi
dalam diskusi. Mengungkapkan
kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal. ·
Menulis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau
fiksi. Menulis
teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks
lainnya. Menerbitkan
hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital. |
PAI |
Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama |
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
TIK |
·
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide ·
Menerapkan Teknik presentasi yang
efektif |
·
Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan ·
Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan |
Matematika |
|
|
Bahasa
Inggris |
Procedure text |
Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan
masalah seperti melepas ban, mengganti oli dsb yang di lakukan di bengkel
dalam bahasa inggris |
IPAS |
Keruangan dan konektivitas antarruang dan
waktu |
Keterkaitan antara kondisi geografis
Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik |
PJOK |
Memahami cara perilaku budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari |
Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat
penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di
lingkungan yang panas. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Gambar teknik |
Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik |
·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja |
Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus |
|
·
Pemeliharaan komponen otomotif |
Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan |
|
·
Dasar elektronika otomotif |
Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif |
|
·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik,
Komponen Utama Sistem Hidrolik ·
Dasar-Dasar Sistem Pneumatik,
Komponen Utama Sistem Pneumatik |
|
|
|
|
|
Semester 3 |
|
Mata
Pelajaran |
Elemen / Kompetensi |
Materi Elemen / Kompetensi |
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan
kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi
dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan
berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media
cetak dan elektronik. Mengapresiasi
teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi
dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari
membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain
di luar teks. |
PAI |
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait |
Matematika |
|
|
Bahasa
Inggris |
Narrative
text |
Siswa mampu
memahami cerita yang berhubungan denga kegiatan yang terjadi di bengkel
bahasa inggris |
Teknik Kendaraan Ringan |
·
Konversi Energi Kendaraan Ringan |
·
Pengertian Konversi Energi berkaitan dengan ICE ·
Proses Konversi Energi pada
Kendaraan ·
Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan
Sumber Energi ·
Efisiensi Energi ·
Dampak Lingkungan ·
Masa Depan Konversi Energi Kendaraan |
·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. |
·
Penerimaan Kendaraan ·
Pelaksanaan Pekerjaan ·
Penyerahan Kendaraan ·
Manajemen Bengkel ·
Pelayanan Pelanggan |
|
·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan |
·
Periksa Kondisi Kendaraan ·
Persiapan Diri ·
Perilaku saat berkendara ·
Perlakuan kendaraan setelah
berkendara |
|
|
|
|
2. Peserta
didik mengetahui dan memiliki sikap Budaya Industri dan 5 S agar dan terbiasa dengan sikap dan perilaku di
dunia industri. CPL4.2. |
||
|
Semester 1 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Menginterpretasi
informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Menggunakan sumber lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks |
PAI |
Akhlak |
Menghindari Akhlak Mazmumah:
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba |
TIK |
·
Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif ·
Menerapkan logika dan operasi
perhitungan data |
·
Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata ·
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
Matematika |
Bilangan |
Peserta didik dapat menggeneralisasi
sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka
dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. |
Bahasa
Inggris |
Procedure
text |
Siswa mampu
melakukan presentasi secara terstruktur dan terencana berdasarkan materi yang
telah di ajarkan dengan memegang teguh sikap dan perilaku di dunia industri |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
PJOK |
·
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif ·
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik |
·
Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil
membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet
yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis
meja. ·
Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan
sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan
sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja. |
Dasar Bidang Keahlian |
·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
·
Tujuan K3LH ·
Unsur-unsur K3LH ·
Budaya Kerja Industri yang Mendukung
K3LH ·
Penerapan K3LH di Industri Otomotif ·
Manfaat Penerapan K3LH dan budaya kerja industri |
3. Peserta
didik terampil, memiliki pengetahuan
dan sikap kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga /
transmisi. CPL4.3. |
||
|
Semester 1 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Menginterpretasi
informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Menggunakan sumber lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks |
PAI |
Akhlak |
Menghindari Akhlak Mazmumah:
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba |
TIK |
·
Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif ·
Menerapkan logika dan operasi
perhitungan data |
·
Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata ·
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
Matematika |
Bilangan |
Peserta didik dapat menggeneralisasi
sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka
dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. |
Bahasa
Inggris |
Procedure
text |
Siswa mampu
menjelaskan prosedur tentang perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
PJOK |
·
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif ·
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik |
·
Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil
membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet
yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis
meja. ·
Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan
sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan
sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh |
Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses
Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna
Jual. |
·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global |
·
Dampak Perkembangan Teknologi
Otomotif terhadap Dunia Kerja ·
Isu-Isu Global Terkait Perkembangan
Teknologi Otomotif ·
Tantangan dan Peluang |
|
·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. |
·
Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif ·
Kewirausahaan di Bidang Otomotif
(Technopreneurship) ·
Peluang Usaha di Bidang Otomotif |
|
·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
·
Tujuan K3LH ·
Unsur-unsur K3LH ·
Budaya Kerja Industri yang Mendukung
K3LH ·
Penerapan K3LH di Industri Otomotif ·
Manfaat Penerapan K3LH |
|
·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif |
·
Teknik dasar pemeliharaan otomotif ·
Proses Perbaikan Otomotif ·
Bidang-Bidang Pemeliharaan dan
Perbaikan Otomotif ·
Alat dan Peralatan yang Digunakan ·
Keterampilan yang Dibutuhkan
|
|
|
|
|
|
Semester 2 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Menulis |
·
Mengolah
dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan
pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog,
dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik
mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam
diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi
dalam diskusi. Mengungkapkan
kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal. ·
Menulis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau
fiksi. Menulis
teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks
lainnya. Menerbitkan
hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital. |
PAI |
Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama |
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
TIK |
·
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide ·
Menerapkan Teknik presentasi yang
efektif |
·
Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan ·
Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan |
Matematika |
|
|
IPAS |
Keruangan dan konektivitas antarruang dan
waktu |
Keterkaitan antara kondisi geografis
Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik |
PJOK |
Memahami cara perilaku budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari |
Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat
penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di
lingkungan yang panas. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Gambar teknik |
Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik |
·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja |
Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus |
|
·
Pemeliharaan komponen otomotif |
Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan |
|
·
Dasar elektronika otomotif |
Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif |
|
·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik,
Komponen Utama Sistem Hidrolik ·
Dasar-Dasar Sistem Pneumatik,
Komponen Utama Sistem Pneumatik |
|
|
|
|
|
Semester 3 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan
kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi
dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan
berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media
cetak dan elektronik. Mengapresiasi
teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi
dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari
membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain
di luar teks. |
PAI |
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait |
Matematika |
Pengukuran |
·
Pentingnya Mempelajari
Pengukuran ·
Konsep Dasar Pengukuran ·
Jenis-jenis Pengukuran ·
Alat Ukur ·
Konversi Satuan ·
Penerapan pengukuran pada komponen mesin |
Bahasa
Inggris |
Menyimak - Berbicara |
·
menggunakan teks lisan, tulisan,
dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi,
tujuan, dan pemirsa/pembacanya. ·
Peserta
didik berkomunikasi ringan tentang konversi energi kendaraan ringan
menggunakan bahasa inggris |
Teknik Kendaraan Ringan |
·
Konversi Energi Kendaraan Ringan |
·
Pengertian Konversi Energi ·
Proses Konversi Energi pada
Kendaraan ·
Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan
Sumber Energi ·
Efisiensi Energi ·
Dampak Lingkungan ·
Masa Depan Konversi Energi Kendaraan |
·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. |
·
Penerimaan Kendaraan ·
Pelaksanaan Pekerjaan ·
Penyerahan Kendaraan ·
Manajemen Bengkel ·
Pelayanan Pelanggan |
|
·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan |
·
Periksa Kondisi Kendaraan ·
Persiapan Diri ·
Perilaku saat berkendara ·
Perlakuan kendaraan setelah
berkendara |
|
|
|
|
|
Semester 4 |
|
Bahasa Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan
gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra
dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta
membandingkan isi teks |
Matematika |
Geometri |
Peserta
didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang
busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk
menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di
Bumi). |
Bahasa
Inggris |
Menulis - Mempresentasikan |
·
Menggunakan bahasa Inggris sederhana
untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan
prinsip kerja gardan. ·
Menggunakan
keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam
berbagai macam topik komponen sistem pemindah tenaga kendaraaan ringan. |
Teknik Kendaraan Ringan |
·
Sistem Pemindah Tenaga Kendaraan
Ringan |
·
Komponen Utama Sistem Pemindah
Tenaga ·
Fungsi Tiap Komponen ·
Prinsip Kerja Sistem Pemindah Tenaga ·
Jenis-Jenis Penggerak Kendaraan ·
Perawatan Sistem Pemindah Tenaga |
·
Sistem Sasis Kendaraan Ringan |
·
Komponen Utama Sistem Sasis ·
Fungsi Sistem Sasis ·
Jenis-jenis Rangka Kendaraan ·
Fungsi Tiap Komponen Sasis ·
Perawatan Sistem Sasis |
|
|
|
|
4. Peserta
didik terampil, memiliki pengetahuan
dan sikap kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system kelistrikan. CPL4.4. |
||
|
Semester 1 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Menginterpretasi
informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Menggunakan sumber lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks |
PAI |
Akhlak |
Menghindari Akhlak Mazmumah:
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba |
TIK |
·
Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif ·
Menerapkan logika dan operasi
perhitungan data |
·
Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata ·
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
Matematika |
Bilangan |
Peserta didik dapat menggeneralisasi
sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka
dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. |
Bahasa
Inggris |
Descriptive text |
Siswa terampil dalam mempresentasikan tenta
g deskripsi alat yang digunakan dalam sistem kelistrikan |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
PJOK |
·
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif ·
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik |
·
Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil
membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet
yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis
meja. ·
Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan
sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan
sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh |
Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses
Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna
Jual. |
·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global |
·
Dampak Perkembangan Teknologi
Otomotif terhadap Dunia Kerja ·
Isu-Isu Global Terkait Perkembangan
Teknologi Otomotif ·
Tantangan dan Peluang |
|
·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. |
·
Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif ·
Kewirausahaan di Bidang Otomotif
(Technopreneurship) ·
Peluang Usaha di Bidang Otomotif |
|
·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
·
Tujuan K3LH ·
Unsur-unsur K3LH ·
Budaya Kerja Industri yang Mendukung
K3LH ·
Penerapan K3LH di Industri Otomotif ·
Manfaat Penerapan K3LH |
|
·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif |
·
Teknik dasar pemeliharaan otomotif ·
Proses Perbaikan Otomotif ·
Bidang-Bidang Pemeliharaan dan
Perbaikan Otomotif ·
Alat dan Peralatan yang Digunakan ·
Keterampilan yang Dibutuhkan
|
|
|
|
|
|
Semester 2 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Menulis |
·
Mengolah
dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan
pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog,
dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik
mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam
diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi
dalam diskusi. Mengungkapkan
kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal. ·
Menulis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau
fiksi. Menulis
teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks
lainnya. Menerbitkan
hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital. |
PAI |
Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama |
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
TIK |
·
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide ·
Menerapkan Teknik presentasi yang
efektif |
·
Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan ·
Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan |
Matematika |
Aljabar dan Fungsi |
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem
pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), serta
persamaan eksponensial (berbasis/ bilangan pokok sama) dan fungsi
eksponensial. |
Bahasa
Inggris |
Procedure text |
Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan
masalah seperti melepas lampu,
mengganti kabel
dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris |
IPAS |
Keruangan dan konektivitas antarruang dan
waktu |
Keterkaitan antara kondisi geografis
Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik |
PJOK |
Memahami cara perilaku budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari |
Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat
penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di
lingkungan yang panas. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Gambar teknik |
Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik |
·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja |
Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus |
|
·
Pemeliharaan komponen otomotif |
Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan |
|
·
Dasar elektronika otomotif |
Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif |
|
·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik,
Komponen Utama Sistem Hidrolik ·
Dasar-Dasar Sistem Pneumatik,
Komponen Utama Sistem Pneumatik |
|
|
|
|
|
Semester 3 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan
kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi
dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan
berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media
cetak dan elektronik. Mengapresiasi
teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi
dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari
membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain
di luar teks. |
PAI |
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait |
Matematika |
Pengukuran |
·
Pentingnya Mempelajari
Pengukuran ·
Konsep Dasar Pengukuran ·
Jenis-jenis Pengukuran ·
Alat Ukur ·
Konversi Satuan ·
Penerapan proses pengukuran tegangan pada aki |
Bahasa
Inggris |
Descriptive text |
Siswa mampu mendeskripsikan alat yang digunakan
untuk perbaikan sistem kelistrikan |
Teknik Kendaraan Ringan |
·
Konversi Energi Kendaraan Ringan |
·
Pengertian Konversi Energi ·
Proses Konversi Energi pada
Kendaraan ·
Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan
Sumber Energi ·
Efisiensi Energi ·
Dampak Lingkungan ·
Masa Depan Konversi Energi Kendaraan |
·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. |
·
Penerimaan Kendaraan ·
Pelaksanaan Pekerjaan ·
Penyerahan Kendaraan ·
Manajemen Bengkel ·
Pelayanan Pelanggan |
|
·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan |
·
Periksa Kondisi Kendaraan ·
Persiapan Diri ·
Perilaku saat berkendara ·
Perlakuan kendaraan setelah
berkendara |
|
|
|
|
|
Semester 4 |
|
Bahasa Indonesia |
·
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Menulis |
·
Menyajikan
gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan dan kreativitas
dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis,
sistematis, kritis, dan kreatif. Menyajikan
karya sastra secara kreatif dan menarik. Mengkreasi teks sesuai dengan norma
kesopanan dan budaya Indonesia. Menyajikan
dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra
diskusi. ·
Peserta didik mampu menulis gagasan,
pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara
logis, kritis, dan kreatif. Menulis
berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Menulis hasil penelitian, teks
fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Menerbitkan tulisan hasil karyanya di
media cetak, elektronik, dan/atau digital |
Matematika |
Geometri |
·
Peserta didik dapat menerapkan
teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring
lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada
permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi). |
Bahasa
Inggris |
Menulis - Mempresentasikan |
·
Menggunakan bahasa Inggris sederhana
untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan
prinsip kerja gardan. ·
Menggunakan
keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam
berbagai macam topik/ salah satu komponen
sistem kelistrikan kendaraaan ringan. |
Teknik Kendaraan
Ringan |
·
Elektrikal Kendaraan Ringan |
·
Dasar-dasar Listrik ·
Komponen Listrik Kendaraan ·
Sistem Kelistrikan Kendaraan ·
Diagram Skema Kelistrikan ·
Troubleshooting Sistem Kelistrikan |
·
Sistem Pengaman dan Sistem Kontrol
Elektronik Kendaraan Ringan. |
·
Dasar-dasar Elektronika Kendaraan ·
Sistem Pengaman Kendaraan ·
Sistem Kontrol Kendaraan ·
Sensor dan Aktuator ·
Diagram Skema Elektronik ·
Troubleshooting Sistem Elektronik |
|
|
|
|
5. Peserta
didik terampil, memiliki pengetahuan
dan sikap kompeten di bidang Sistem Engine Kendaraan Ringan.
CPL4.5. |
||
|
Semester 1 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Menginterpretasi
informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Menggunakan sumber lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks |
PAI |
Akhlak |
Menghindari Akhlak Mazmumah:
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba |
TIK |
·
Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif ·
Menerapkan logika dan operasi
perhitungan data |
·
Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata ·
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
Matematika |
Bilangan |
Peserta didik dapat menggeneralisasi
sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka
dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. Yang kemudian dengan memberikan contoh yang
diterapkan pada camsaht |
Bahasa
Inggris |
Descriptive text |
Siswa mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bidang sistem engine. |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
PJOK |
·
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif ·
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik |
·
Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil
membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet
yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis
meja. ·
Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan
sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan
sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh |
·
Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan
Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan
Purna Jual. |
·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global |
·
Dampak Perkembangan Teknologi
Otomotif terhadap Dunia Kerja ·
Isu-Isu Global Terkait Perkembangan
Teknologi Otomotif ·
Tantangan dan Peluang |
|
·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. |
·
Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif ·
Kewirausahaan di Bidang Otomotif
(Technopreneurship) ·
Peluang Usaha di Bidang Otomotif |
|
·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
·
Tujuan K3LH ·
Unsur-unsur K3LH ·
Budaya Kerja Industri yang Mendukung
K3LH ·
Penerapan K3LH di Industri Otomotif ·
Manfaat Penerapan K3LH |
|
·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif |
·
Teknik dasar pemeliharaan otomotif ·
Proses Perbaikan Otomotif ·
Bidang-Bidang Pemeliharaan dan
Perbaikan Otomotif ·
Alat dan Peralatan yang Digunakan ·
Keterampilan yang Dibutuhkan
|
|
|
|
|
|
Semester 2 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Menulis |
·
Mengolah
dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan
pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog,
dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik
mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi.
Peserta didik mampu berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan
mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi.
Peserta didik mampu mengungkapkan kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks
fiksi dan nonfiksi multimodal. ·
Menulis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau
fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan
teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu
teks ke teks lainnya. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media
cetak, elektronik, dan/atau digital. |
PAI |
·
Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama |
·
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
TIK |
·
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide ·
Menerapkan Teknik presentasi yang
efektif |
·
Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan ·
Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan |
Matematika |
·
Aljabar dan Fungsi |
·
Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan
sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner),
serta persamaan eksponensial (berbasis/ bilangan pokok sama) dan fungsi
eksponensial. |
Bahasa
Inggris |
Procedure text |
Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan
masalah seperti melepas torak,
mengganti ring piston
dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris |
IPAS |
·
Keruangan dan konektivitas
antarruang dan waktu |
·
Keterkaitan antara kondisi geografis
Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik |
PJOK |
·
Memahami cara perilaku budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari |
·
Mempresentasikan cara perilaku
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, misal
minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap
terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Gambar teknik |
·
Proyeksi, Jenis-jenis Garis,
Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik |
·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja |
·
Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus |
|
·
Pemeliharaan komponen otomotif |
·
Pemeriksaan Berkala, Penggantian
Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan |
|
·
Dasar elektronika otomotif |
·
Komponen Dasar Elektronika, Konsep
Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif |
|
·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik,
Komponen Utama Sistem Hidrolik ·
Dasar-Dasar Sistem Pneumatik,
Komponen Utama Sistem Pneumatik |
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 3 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan
kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi
dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan
berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media
cetak dan elektronik. Mengapresiasi
teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi
dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari
membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain
di luar teks. |
PAI |
·
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
·
Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sebagai implementasi
pemahaman QS Yunus
(10): 40-41 dan QS al- Maidah
(5): 32, serta Hadis terkait |
Matematika |
Pengukuran |
·
Pentingnya Mempelajari
Pengukuran ·
Konsep Dasar Pengukuran ·
Jenis-jenis Pengukuran ·
Alat Ukur ·
Konversi Satuan ·
Penerapan proses pengukuran tegangan pada aki |
Bahasa
Inggris |
Procedure text |
Siswa mampu memberikan penjelasan tebtang
prosedur bidang salah satu komponen
sistem engine kendaraan ringan |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
Teknik Kendaraan Ringan |
·
Konversi Energi Kendaraan Ringan |
·
Pengertian Konversi Energi ·
Proses Konversi Energi pada
Kendaraan ·
Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan
Sumber Energi ·
Efisiensi Energi ·
Dampak Lingkungan ·
Masa Depan Konversi Energi Kendaraan |
·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. |
·
Penerimaan Kendaraan ·
Pelaksanaan Pekerjaan ·
Penyerahan Kendaraan ·
Manajemen Bengkel ·
Pelayanan Pelanggan |
|
·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan |
·
Periksa Kondisi Kendaraan ·
Persiapan Diri ·
Perilaku saat berkendara ·
Perlakuan kendaraan setelah
berkendara |
|
|
|
|
|
Semester 4 |
|
Bahasa Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan
gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra
dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta
membandingkan isi teks |
Matematika |
Geometri |
·
Peserta didik dapat menerapkan
teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring
lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada
permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi). |
Bahasa
Inggris |
Menulis - Mempresentasikan |
·
Menggunakan bahasa Inggris sederhana
untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan
prinsip kerja poros nok.
·
Menggunakan
keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam
berbagai macam topik/ salah satu komponen
sistem engine kendaraaan ringan. |
Teknik Kendaraan
Ringan |
·
Sistem Engine |
·
Dasar-dasar Mesin Bakar Dalam ·
Komponen Utama Mesin ·
Sistem Pendukung Mesin ·
Sistem Kontrol Mesin ·
Troubleshooting Mesin ·
Perawatan Mesin |
·
Service berkala |
·
Jadwal Service Berkala ·
Jenis-Jenis Perawatan pada
Service Berkala ·
Manfaat Melakukan Service
Berkala ·
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan
saat Service Berkala |
|
|
|
|
6. Peserta
didik terampil, memiliki pengetahuan
dan sikap kompeten di bidang sepeda motor listrik. CPL4.6. |
||
|
Semester 1 |
|
Mata Pelajaran |
Element / Kompetensi |
Materi Element /Kompetensi |
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Menginterpretasi
informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati
dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif.
Menggunakan sumber lain untuk menilai
akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks |
PAI |
Akhlak |
Menghindari Akhlak Mazmumah:
Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba |
TIK |
·
Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif ·
Menerapkan logika dan operasi
perhitungan data |
·
Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata ·
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
Matematika |
Bilangan |
Peserta didik dapat menggeneralisasi
sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka
dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. Yang kemudian dengan memberikan contoh yang
diterapkan pada camsaht |
Bahasa
Inggris |
Exposition letter |
Siswa mampu mendeskripsikan alat yang
berhububgan dengan sepeda motor listrik |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
PJOK |
·
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif ·
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik |
·
Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil
membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet
yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis
meja. ·
Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan
sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan
sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Proses bisnis bidang otomotif secara
menyeluruh |
·
Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan
Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan
Purna Jual. |
·
Perkembangan teknologi otomotif dan
dunia kerja serta isu-isu global |
·
Dampak Perkembangan Teknologi
Otomotif terhadap Dunia Kerja ·
Isu-Isu Global Terkait Perkembangan
Teknologi Otomotif ·
Tantangan dan Peluang |
|
·
Profesi dan kewirausahaan
(job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif. |
·
Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif ·
Kewirausahaan di Bidang Otomotif
(Technopreneurship) ·
Peluang Usaha di Bidang Otomotif |
|
·
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
·
Tujuan K3LH ·
Unsur-unsur K3LH ·
Budaya Kerja Industri yang Mendukung
K3LH ·
Penerapan K3LH di Industri Otomotif ·
Manfaat Penerapan K3LH |
|
·
Teknik dasar pemeliharaan dan
perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif |
·
Teknik dasar pemeliharaan otomotif ·
Proses Perbaikan Otomotif ·
Bidang-Bidang Pemeliharaan dan
Perbaikan Otomotif ·
Alat dan Peralatan yang Digunakan ·
Keterampilan yang Dibutuhkan |
|
|
|
|
Semester 2 |
|
|
Mata Pelajaran |
Element / Kompetensi |
Materi Element /Kompetensi |
Bahasa
Indonesia |
·
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Menulis |
·
Mengolah
dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan
pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog,
dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik
mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam
diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi
dalam diskusi. Mengungkapkan
kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal. ·
Menulis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan
secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau
fiksi. Menulis
teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks
lainnya. Menerbitkan
hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital. |
PAI |
·
Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama |
·
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari |
TIK |
·
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide ·
Menerapkan Teknik presentasi yang
efektif |
·
Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan ·
Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan |
Matematika |
·
Aljabar dan Fungsi |
·
Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan
sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner),
serta persamaan eksponensial (berbasis/ bilangan pokok sama) dan fungsi
eksponensial. |
Bahasa
Inggris |
Procedure text |
Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan
masalah seperti melepas as roda,
mengganti ring piston
dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris |
IPAS |
·
Keruangan dan konektivitas
antarruang dan waktu |
·
Keterkaitan antara kondisi geografis
Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik |
PJOK |
·
Memahami cara perilaku budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari |
·
Mempresentasikan cara perilaku
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, misal
minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap
terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas. |
Dasar
Bidang Keahlian |
·
Gambar teknik |
·
Proyeksi, Jenis-jenis Garis,
Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik |
·
Peralatan dan perlengkapan tempat
kerja |
·
Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus |
|
·
Pemeliharaan komponen otomotif |
·
Pemeriksaan Berkala, Penggantian
Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan |
|
·
Dasar elektronika otomotif |
·
Komponen Dasar Elektronika, Konsep
Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif |
|
·
Dasar sistem hidrolik dan pneumatik |
·
Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik,
Komponen Utama Sistem Hidrolik ·
Dasar-Dasar Sistem Pneumatik,
Komponen Utama Sistem Pneumatik |
|
|
|
|
|
Semester 3 |
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan
kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi
dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan
berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media
cetak dan elektronik. Mengapresiasi
teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi
dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari
membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain
di luar teks. |
PAI |
·
Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
·
Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sebagai implementasi
pemahaman QS Yunus
(10): 40-41 dan QS al- Maidah
(5): 32, serta Hadis terkait |
Matematika |
Pengukuran |
·
Pentingnya Mempelajari
Pengukuran ·
Konsep Dasar Pengukuran ·
Jenis-jenis Pengukuran ·
Alat Ukur ·
Konversi Satuan ·
Penerapan proses pengukuran tegangan pada aki |
Bahasa
Inggris |
Procedure text |
Siswa mampu memberikan penjelasan tebtang
prosedur bidang salah satu komponen
sistem engine kendaraan ringan |
IPAS |
Makhluk hidup dan lingkungan |
Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling
bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya |
Teknik Kendaraan Ringan |
·
Konversi Energi Kendaraan Ringan |
·
Pengertian Konversi Energi ·
Proses Konversi Energi pada
Kendaraan ·
Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan
Sumber Energi ·
Efisiensi Energi ·
Dampak Lingkungan ·
Masa Depan Konversi Energi Kendaraan |
·
Proses Pelayanan dan Manajemen
Bengkel Kendaraan Ringan. |
·
Penerimaan Kendaraan ·
Pelaksanaan Pekerjaan ·
Penyerahan Kendaraan ·
Manajemen Bengkel ·
Pelayanan Pelanggan |
|
·
Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan |
·
Periksa Kondisi Kendaraan ·
Persiapan Diri ·
Perilaku saat berkendara ·
Perlakuan kendaraan setelah
berkendara |
|
|
|
|
Semester 4 |
|
|
Bahasa
Indonesia |
·
Menyimak ·
Membaca dan Memirsa |
·
Mengevaluasi
dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara. ·
Mengevaluasi
informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai
tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan
gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra
dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik mampu
menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan
isi teks |
Matematika |
Geometri |
·
Peserta didik dapat menerapkan
teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring
lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada
permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi). |
Bahasa
Inggris |
Menulis - Mempresentasikan |
·
Menggunakan bahasa Inggris sederhana
untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan
prinsip kerja poros nok.
·
Menggunakan
keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam
berbagai macam topik/ salah satu komponen
sistem engine kendaraaan ringan. |