Teknik Kendaraan Ringan


  Program Studi : Teknik Kendaraan Ringan

Tujuan dari program jurusan teknik kendaraan ringan secara umum adalah untuk menghasilkan lulusan tingkat menengah yang berwawasan, berpengetahuan yang cukup dan mampu bekerja di bidang teknik kendaraan ringan.  Dalam penerapannya di SMK Islam Secang, Tujuan dan Capaian Pembelajaran Lulusan  program studi teknik kendaraan ringan merupakan bagian atau gabungan dari tujuan sekolah , dimana Tujuan Sekolah adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif yang mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya.
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memillih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri kelak baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Membekali peserta didik kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.
  5. Mewujudkan SMK Islam Secang sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan pendidikan berkarakter

Pada tujuan sekolah ke 4 disebutkan Membekali peserta didik kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih (CPL 4) dalam hal ini adalah Teknik Kendaraan Ringan. Berdasarkan Tujuan sekolah tersebut, Program Studi Teknik kendaraan Ringan menetapkan target Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL  ) untuk tahun pelajaran 2027 sebagai bagian dari tujuan satuan pendidikan / SMK Islam Secang  adalah sebagai berikut :

  1. Peserta didik terampil, berpengetahuan, mempunyai sikap baik dan kompeten di bidang perawatan dan perbaikan kendaraan berstandar industry . CPL4.1
  2. Peserta didik mengetahui dan memiliki sikap Budaya Industri dan 5 S agar  dan terbiasa dengan sikap dan perilaku di dunia industri. CPL4.2.
  3. Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga / transmisi. CPL4.3.
  4. Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system  kelistrikan. CPL4.4.
  5. Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang Sistem Engine Kendaraan Ringan. CPL4.5.
  6. Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang sepeda motor listrik. CPL4.6.

7

Profil Profesional Mandiri

Profil Profesional Mandiri merupakan cerminan kualitas dari lulusan setelah bekerja dalam profesinya selama 3 (tiga) – 5(lima) tahun. Profil profesional mandiri Prodi Teknik kendaraan Ringan SMK Islam Secang adalah lulusan yang memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Mekanik  tingkat menengah / Junior mechanic teknik kendaraan ringan yang bekerja pada level menengah di bengkel / workshop teknik kendaraan ringan sesuai dengan bidang atau spesialisasi ( Standar Daihatsu atau Isuzu ).
  2. Sumber daya manusia yang mampu berperan aktif serta berkontribusi positif serta inovatif, baik mandiri ataupun dalam sebuah kelompok.
  3. Sumber daya manusia tingkat menengah yang dalam bekerjanya selalu mempertimbangkan faktor teknis, ekonomi, keselamatan dan keamanan lingkungan.
  4. Sumber daya manusia yang memiliki motivasi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Profil profesional Mandiri dibentuk berdasarkan analisis kebutuhan yang dikaitkan dengan Visi dan Misi SMK Islam Secang. Analisis kebutuhan Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Kendaraan Ringan telah dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa perkembangan pesat teknologi kendaraan ringan, perkembangan lingkungan dari berbagai sisi.  Untuk mengakomodasi hal ini diperlukan pendidikan yang mempunyai tujuan dan mendukung ketahanan hidup siswa setelah lulus dari sekolah, baik saat bekerja, berwirausaha maupun melanjutkan pendidikan di level yang lebih tinggi.

Sistem dan prosedur yang digunakan untuk menetapkan dan mengevaluasi Profil Profesional Mandiri adalah melalui laporan hasil evaluasi profil lulusan hasil quesioner yang akan diterapkan mulai tahun 2024 oleh divisi BKK serta pertemuan yang akan dilakukan antara pihak sekolah dengan beberapa alumni.

Rumusan Profil Profesional mandiri Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Secang juga mempertimbangkan kebutuhan Sumber daya manusia  yang dibutuhkan industri sesuai dengan kriteria yang ditetapkan industri. Untuk memenuhi kebutuhan dalam hal ini adalah industri, berkembangnya teknologi, penerapan teknologi dan sains, Program Studi Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Secang mempunyai beberapa Laboratorium / bengkel yang mampu beradaptasi dengan hal tersebut diatas, yaitu :

  1. Laboratorium Komputer.
  2. Laboratorium Kelistrikan Teknik Kendaraan Ringan
  3. Laboratorium Chasis dan pemindahan tenaga Teknik Kendaraan Ringan
  4.  Laboratorium mekanikal engine Teknik Kendaraan Ringan
  5. Laboratorium Bisnis & Manajemen Bengkel Teknik Kendaraan Ringan 

Capaian Pembelajaran
            Capaian Pembelajaran (CP) program studi merupakan rankaian pengetahuan, keterampilan yang diperoleh dan atau kompetensi yang di miliki oleh semua lulusan / alumni yang sesuai dengan tujuan pendidikan program studi.
            Capaian pembelajaran lulusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Secang dirumuskan dengan memperhatikan Profil Profesional Mandiri (PPM) yang telah ditetapkan. Untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran program studi dapat mendukung Profil Profesional Mandiri, maka seluruh capaian pembelajaran didistribusikan pada seluruh mata pelajaran oleh tim kurikulum. Dibawah ini merupakan rumusan capaian pembelajaran Program Studi Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Secang.

Capaian Pembelajaran Umum Fase E
Pada akhir fase E peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Elemen

Capaian Pembelajaran

1.       Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal.

2.       Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta menganalisis isu-isu global terkait dunia otomotif, antara lain penerapan elektronik di otomotif, mobil listrik, kendaraan dengan kendali jarak jauh dan sejenisnya.

3.       Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan di bidang otomotif (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif, untuk membangun vision dan passion, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan.

4.       Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

Pada akhir fase E peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktikpraktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, penerapan budaya kerja industri, seperti 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), dan etika kerja.

5.       Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif.

Pada akhir fase E peserta didik peserta didik mampu memahami teknik dasar bidang otomotif melalui pengenalan dan praktik singkat penggunaan alat ukur, pemeliharaan, perbaikan, pembentukan body kendaraan, perakitan, serta pengenalan alat berat, dump-truck, dan sejenisnya

6.       Gambar teknik

Pada akhir fase E peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk pengenalan macam-macam peralatan gambar, standarisasi dalam pembuatan gambar, serta praktik menggambar dan membaca gambar teknik, dan menentukan letak dan posisi komponen otomotif berdasarkan gambar buku manual.

7.       Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

Pada akhir fase E peserta didik mampu menggunakan peralatan dan perlengkapan kerja, antara lain persiapan, kalibrasi, dan penggunaan peralatan dan perlengkapan sesuai jenis, fungsi dan manual perbaikan.

8.       Pemeliharaan komponen otomotif

Pada akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan fungsi dan cara kerja komponen utama engine (pada proses kerja motor 2 langkah dan 4 langkah), komponen pemindah tenaga, komponen casis, komponen tambahan dan komponen perlengkapan lainya, mengidentifikasi struktur, fungsi dan lokasi komponen otomotif, menerapkan persiapan form pemeriksaan sesuai manual perbaikan, penggunaan tools dan SST di tempat kerja, menerapkan pemeriksaan komponen dengan alat sesuai dengan manual perbaikan serta menyimpan hasil pemeriksaan.

9.       Dasar elektronika otomotif

Pada akhir fase E peserta didik mampu membuat rangkaian elektronika dasar, termasuk pemahaman fungsi dan cara kerja komponen-komponen elektronika dasar, perakitan, diagnosa gangguan, perawatan komponen-komponen elektronika, serta pematrian komponen sesuai prosedur manual perbaikan, pemeriksaan hasil pematrian secara visual, dan pengujian fungsi komponen hasil pematrian.

10.   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami prinsip dasar sistem hidrolik dan pneumatik, termasuk fungsi dan cara kerja komponen sistem hidrolik dan pneumatik, perawatan dan pengujian komponen sistem hidrolik dan pneumatik.




ROAD MAP / PETA JALAN  CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN


CPL

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

4.1

·   Bahasa Indonesia

·   PAIBP

·   TIK

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   PJOK

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif.

·   Bahasa Indonesia

·   PAIBP

·   TIK

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Gambar teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Pemeliharaan komponen otomotif

·   Dasar elektronika otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   PAI

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Perawatan Berkala Kendaraan Ringan

( Standar Daihatsu / Isuzu )

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIA dan XIB )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik  Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIC dan XID )

 

PKL/Prakerind

Evaluasi / UKK


CPL

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

4.2

·   Bahasa Indonesia

·   TIK

·   PAIBP

·   PJOK

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

 

 

 

 

PKL/Prakerind

Evaluasi / UKK


CPL

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

4.3

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   PJOK

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif.

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Gambar teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Pemeliharaan komponen otomotif

·   Dasar elektronika otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIA dan XIB )

 

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Sistem Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

·   Sistem Sasis Kendaraan Ringan

 

 

 

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIC dan XID )

 

·   PKL/Prakerind

Evaluasi / UKK



CPL

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

4.4

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   PJOK

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif.

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Gambar teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Pemeliharaan komponen otomotif

·   Dasar elektronika otomotif

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

 

 

 

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIA dan XIB )

 

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Elektrikal Kendaraan Ringan

·   Sistem Pengaman dan Sistem Kontrol Elektronik Kendaraan Ringan.

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIC dan XID )

 

·   PKL/Prakerind

Evaluasi / UKK


CPL

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

4.5

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   PJOK

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif.

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Gambar teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Dasar elektronika otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Perawatan Berkala Kendaraan Ringan

( Standar Daihatsu / Isuzu )

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Sistem engine Kendaraan Ringan

·   Perawaatan berkala Kendaraan Ringan

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIA dan XIB )

 

·   PKL/Prakerind

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIC dan XID )

 

Evaluasi / UKK


CPL

Tahun 1

Tahun 2

Tahun 3

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

4.6

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   PJOK

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif.

·   Bahasa Indonesia

·   Matematika

·   Bahasa Inggris

·   IPAS

·   Gambar teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Pemeliharaan komponen otomotif

·   Dasar elektronika otomotif

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Prosedur Penggunaan Sepeda Motor

·   Perawatan Berkala Sepeda Motor 

 

 

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIA dan XIB )

 

·   Sistem Engine dan mekanikal sepeda motor listrik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Extrakurikuler

·   Pembekalan Praktik Materi Teknik Kendaraan Ringan untuk PKL

( Kelas XIC dan XID )

 

·   PKL/Prakerind

Evaluasi / UKK



Hubungan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran (CPMP )

 terhadap tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL )

Materi hubungan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran (CPMP ) terhadap tercapainya Capaian Pembelajaran Lulusan ( CPL ) Teknik Kendaraan ringan adalah sebagai berikut :

1.       Peserta didik terampil, berpengetahuan, mempunyai sikap baik dan kompeten di bidang perawatan dan perbaikan kendaraan berstandar industry mengacu pada PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR atau Armada Isuzu Magelang (AIM). CPL4.1

 

Semester 1

Mata Pelajaran

Elemen / Kompetensi

Materi Elemen / Kompetensi

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

PAI

Akhlak

Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba

TIK

·   Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

·   Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

·   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

·   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri.

Bahasa Inggris

Descriptive text

Siswa mampu mendeskripsikan alat yang digunakan dalam bengkel.

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

PJOK

·   Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif

·   Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·   Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis meja.

·   Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja.

Dasar Bidang Keahlian

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna Jual.

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Dampak Perkembangan Teknologi Otomotif terhadap Dunia Kerja

·   Isu-Isu Global Terkait Perkembangan Teknologi Otomotif

·   Tantangan dan Peluang

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif

·   Kewirausahaan di Bidang Otomotif (Technopreneurship)

·   Peluang Usaha di Bidang Otomotif

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Tujuan K3LH

·   Unsur-unsur K3LH

·   Budaya Kerja Industri yang Mendukung K3LH

·   Penerapan K3LH di Industri Otomotif

·   Manfaat Penerapan K3LH

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif

·   Teknik dasar pemeliharaan otomotif

·   Proses Perbaikan Otomotif

·   Bidang-Bidang Pemeliharaan dan Perbaikan Otomotif

·   Alat dan Peralatan yang Digunakan

·   Keterampilan yang Dibutuhkan

 

 

 

 

 

Semester 2

Mata Pelajaran

Elemen / Kompetensi

Materi Elemen / Kompetensi

Bahasa Indonesia

·   Berbicara dan Mempresentasikan

·   Menulis

·   Mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Mengungkapkan kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

·   Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya. Menerbitkan hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital.

PAI

Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok

agama

Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

TIK

·   Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide

·   Menerapkan Teknik presentasi yang efektif

·   Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan

·   Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan

Matematika

 

 

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan masalah seperti melepas ban, mengganti oli dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris

IPAS

Keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu

Keterkaitan antara kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik

PJOK

Memahami cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat

dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas.

Dasar Bidang Keahlian

·   Gambar teknik

Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus

·   Pemeliharaan komponen otomotif

Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan

·   Dasar elektronika otomotif

Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik, Komponen Utama Sistem Hidrolik

·   Dasar-Dasar Sistem Pneumatik, Komponen Utama Sistem Pneumatik

 

 

 

 

Semester 3

Mata Pelajaran

Elemen / Kompetensi

Materi Elemen / Kompetensi

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

PAI

Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,

kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari

tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS

Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis

terkait

Matematika

 

 

Bahasa Inggris

Narrative text

Siswa mampu memahami cerita yang berhubungan denga kegiatan yang terjadi di bengkel bahasa inggris

Teknik Kendaraan Ringan

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Pengertian Konversi Energi berkaitan dengan ICE

·   Proses Konversi Energi pada Kendaraan

·   Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan Sumber Energi

·   Efisiensi Energi

·   Dampak Lingkungan

·   Masa Depan Konversi Energi Kendaraan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Penerimaan Kendaraan

·   Pelaksanaan Pekerjaan

·   Penyerahan Kendaraan

·   Manajemen Bengkel

·   Pelayanan Pelanggan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Periksa Kondisi Kendaraan

·   Persiapan Diri

·   Perilaku saat berkendara

·   Perlakuan kendaraan setelah berkendara

 

 

 

2.       Peserta didik mengetahui dan memiliki sikap Budaya Industri dan 5 S agar  dan terbiasa dengan sikap dan perilaku di dunia industri. CPL4.2.

 

Semester 1

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

PAI

Akhlak

Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba

TIK

·   Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

·   Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

·   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

·   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri.

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu melakukan presentasi secara terstruktur dan terencana berdasarkan materi yang telah di ajarkan dengan memegang teguh sikap dan perilaku di dunia industri

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

PJOK

·   Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif

·   Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·   Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis meja.

·   Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja.

Dasar Bidang Keahlian

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Tujuan K3LH

·   Unsur-unsur K3LH

·   Budaya Kerja Industri yang Mendukung K3LH

·   Penerapan K3LH di Industri Otomotif

·   Manfaat Penerapan K3LH dan budaya kerja industri

3.       Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga / transmisi. CPL4.3.

 

Semester 1

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

PAI

Akhlak

Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba

TIK

·   Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

·   Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

·   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

·   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri.

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu menjelaskan prosedur tentang perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

PJOK

·   Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif

·   Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·   Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis meja.

·   Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja.

Dasar Bidang Keahlian

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna Jual.

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Dampak Perkembangan Teknologi Otomotif terhadap Dunia Kerja

·   Isu-Isu Global Terkait Perkembangan Teknologi Otomotif

·   Tantangan dan Peluang

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif

·   Kewirausahaan di Bidang Otomotif (Technopreneurship)

·   Peluang Usaha di Bidang Otomotif

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Tujuan K3LH

·   Unsur-unsur K3LH

·   Budaya Kerja Industri yang Mendukung K3LH

·   Penerapan K3LH di Industri Otomotif

·   Manfaat Penerapan K3LH

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif

·   Teknik dasar pemeliharaan otomotif

·   Proses Perbaikan Otomotif

·   Bidang-Bidang Pemeliharaan dan Perbaikan Otomotif

·   Alat dan Peralatan yang Digunakan

·   Keterampilan yang Dibutuhkan

 

 

 

 

 

Semester 2

Bahasa Indonesia

·   Berbicara dan Mempresentasikan

·   Menulis

·   Mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Mengungkapkan kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

·   Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya. Menerbitkan hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital.

PAI

Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok

agama

Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

TIK

·   Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide

·   Menerapkan Teknik presentasi yang efektif

·   Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan

·   Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan

Matematika

 

 

IPAS

Keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu

Keterkaitan antara kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik

PJOK

Memahami cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat

dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas.

Dasar Bidang Keahlian

·   Gambar teknik

Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus

·   Pemeliharaan komponen otomotif

Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan

·   Dasar elektronika otomotif

Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik, Komponen Utama Sistem Hidrolik

·   Dasar-Dasar Sistem Pneumatik, Komponen Utama Sistem Pneumatik

 

 

 

 

Semester 3

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

PAI

Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,

kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari

tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS

Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis

terkait

Matematika

Pengukuran

·   Pentingnya Mempelajari Pengukuran

·   Konsep Dasar Pengukuran

·   Jenis-jenis Pengukuran

·   Alat Ukur

·   Konversi Satuan

·   Penerapan pengukuran pada komponen mesin

Bahasa Inggris

Menyimak - Berbicara

·   menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya.

·   Peserta didik berkomunikasi ringan tentang konversi energi kendaraan ringan menggunakan bahasa inggris

Teknik Kendaraan Ringan

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Pengertian Konversi Energi

·   Proses Konversi Energi pada Kendaraan

·   Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan Sumber Energi

·   Efisiensi Energi

·   Dampak Lingkungan

·   Masa Depan Konversi Energi Kendaraan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Penerimaan Kendaraan

·   Pelaksanaan Pekerjaan

·   Penyerahan Kendaraan

·   Manajemen Bengkel

·   Pelayanan Pelanggan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Periksa Kondisi Kendaraan

·   Persiapan Diri

·   Perilaku saat berkendara

·   Perlakuan kendaraan setelah berkendara

 

 

 

 

Semester 4

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik mampu menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

Matematika

Geometri

Peserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi).

Bahasa Inggris

Menulis - Mempresentasikan

·   Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan prinsip kerja gardan.

·   Menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik komponen sistem pemindah tenaga kendaraaan ringan.

Teknik Kendaraan Ringan

·   Sistem Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

·   Komponen Utama Sistem Pemindah Tenaga

·   Fungsi Tiap Komponen

·   Prinsip Kerja Sistem Pemindah Tenaga

·   Jenis-Jenis Penggerak Kendaraan

·   Perawatan Sistem Pemindah Tenaga

·   Sistem Sasis Kendaraan Ringan

·   Komponen Utama Sistem Sasis

·   Fungsi Sistem Sasis

·   Jenis-jenis Rangka Kendaraan

·   Fungsi Tiap Komponen Sasis

·   Perawatan Sistem Sasis

 

 

 

4.       Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang perawatan dan perbaikan system  kelistrikan. CPL4.4.

 

Semester 1

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

PAI

Akhlak

Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba

TIK

·   Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

·   Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

·   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

·   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri.

Bahasa Inggris

Descriptive text

Siswa terampil dalam mempresentasikan tenta g deskripsi alat yang digunakan dalam sistem kelistrikan

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

PJOK

·   Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif

·   Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·   Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis meja.

·   Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja.

Dasar Bidang Keahlian

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna Jual.

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Dampak Perkembangan Teknologi Otomotif terhadap Dunia Kerja

·   Isu-Isu Global Terkait Perkembangan Teknologi Otomotif

·   Tantangan dan Peluang

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif

·   Kewirausahaan di Bidang Otomotif (Technopreneurship)

·   Peluang Usaha di Bidang Otomotif

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Tujuan K3LH

·   Unsur-unsur K3LH

·   Budaya Kerja Industri yang Mendukung K3LH

·   Penerapan K3LH di Industri Otomotif

·   Manfaat Penerapan K3LH

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif

·   Teknik dasar pemeliharaan otomotif

·   Proses Perbaikan Otomotif

·   Bidang-Bidang Pemeliharaan dan Perbaikan Otomotif

·   Alat dan Peralatan yang Digunakan

·   Keterampilan yang Dibutuhkan

 

 

 

 

 

Semester 2

Bahasa Indonesia

·   Berbicara dan Mempresentasikan

·   Menulis

·   Mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Mengungkapkan kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

·   Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya. Menerbitkan hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital.

PAI

Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok

agama

Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

TIK

·   Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide

·   Menerapkan Teknik presentasi yang efektif

·   Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan

·   Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan

Matematika

Aljabar dan Fungsi

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), serta persamaan eksponensial (berbasis/ bilangan pokok sama) dan fungsi eksponensial.

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan masalah seperti melepas lampu, mengganti kabel dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris

IPAS

Keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu

Keterkaitan antara kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik

PJOK

Memahami cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat

dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas.

Dasar Bidang Keahlian

·   Gambar teknik

Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus

·   Pemeliharaan komponen otomotif

Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan

·   Dasar elektronika otomotif

Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik, Komponen Utama Sistem Hidrolik

·   Dasar-Dasar Sistem Pneumatik, Komponen Utama Sistem Pneumatik

 

 

 

 

Semester 3

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

PAI

Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,

kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari

tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS

Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis

terkait

Matematika

Pengukuran

·   Pentingnya Mempelajari Pengukuran

·   Konsep Dasar Pengukuran

·   Jenis-jenis Pengukuran

·   Alat Ukur

·   Konversi Satuan

·   Penerapan proses pengukuran tegangan pada aki

Bahasa Inggris

Descriptive text

Siswa mampu mendeskripsikan alat yang digunakan untuk perbaikan sistem kelistrikan

Teknik Kendaraan Ringan

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Pengertian Konversi Energi

·   Proses Konversi Energi pada Kendaraan

·   Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan Sumber Energi

·   Efisiensi Energi

·   Dampak Lingkungan

·   Masa Depan Konversi Energi Kendaraan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Penerimaan Kendaraan

·   Pelaksanaan Pekerjaan

·   Penyerahan Kendaraan

·   Manajemen Bengkel

·   Pelayanan Pelanggan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Periksa Kondisi Kendaraan

·   Persiapan Diri

·   Perilaku saat berkendara

·   Perlakuan kendaraan setelah berkendara

 

 

 

 

Semester 4

 

Bahasa Indonesia

·   Berbicara dan Mempresentasikan

·   Menulis

·   Menyajikan gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif. Menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.

·   Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak, elektronik, dan/atau digital

Matematika

Geometri

·   Peserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi).

Bahasa Inggris

Menulis - Mempresentasikan

·   Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan prinsip kerja gardan.

·   Menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik/ salah satu komponen sistem kelistrikan  kendaraaan ringan.

Teknik Kendaraan Ringan

·   Elektrikal Kendaraan Ringan

·   Dasar-dasar Listrik

·   Komponen Listrik Kendaraan

·   Sistem Kelistrikan Kendaraan

·   Diagram Skema Kelistrikan

·   Troubleshooting Sistem Kelistrikan

·   Sistem Pengaman dan Sistem Kontrol Elektronik Kendaraan Ringan.

·   Dasar-dasar Elektronika Kendaraan

·   Sistem Pengaman Kendaraan

·   Sistem Kontrol Kendaraan

·   Sensor dan Aktuator

·   Diagram Skema Elektronik

·   Troubleshooting Sistem Elektronik

 

 

 

5.       Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang  Sistem Engine Kendaraan Ringan. CPL4.5.

 

Semester 1

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

PAI

Akhlak

Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba

TIK

·   Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

·   Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

·   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

·   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. Yang kemudian dengan memberikan contoh yang diterapkan pada camsaht

Bahasa Inggris

Descriptive text

Siswa mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bidang sistem engine.

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

PJOK

·   Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif

·   Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·   Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis meja.

·   Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja.

Dasar Bidang Keahlian

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

·   Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna Jual.

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Dampak Perkembangan Teknologi Otomotif terhadap Dunia Kerja

·   Isu-Isu Global Terkait Perkembangan Teknologi Otomotif

·   Tantangan dan Peluang

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif

·   Kewirausahaan di Bidang Otomotif (Technopreneurship)

·   Peluang Usaha di Bidang Otomotif

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Tujuan K3LH

·   Unsur-unsur K3LH

·   Budaya Kerja Industri yang Mendukung K3LH

·   Penerapan K3LH di Industri Otomotif

·   Manfaat Penerapan K3LH

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif

·   Teknik dasar pemeliharaan otomotif

·   Proses Perbaikan Otomotif

·   Bidang-Bidang Pemeliharaan dan Perbaikan Otomotif

·   Alat dan Peralatan yang Digunakan

·   Keterampilan yang Dibutuhkan

 

 

 

 

 

Semester 2

Bahasa Indonesia

·   Berbicara dan Mempresentasikan

·   Menulis

·   Mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik mampu berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

·   Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya. Peserta didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital.

PAI

·   Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama

·   Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

TIK

·   Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide

·   Menerapkan Teknik presentasi yang efektif

·   Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan

·   Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan

Matematika

·   Aljabar dan Fungsi

·   Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), serta persamaan eksponensial (berbasis/ bilangan pokok sama) dan fungsi eksponensial.

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan masalah seperti melepas torak, mengganti ring piston dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris

IPAS

·   Keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu

·   Keterkaitan antara kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik

PJOK

·   Memahami cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

·   Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat  dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas.

Dasar Bidang Keahlian

·   Gambar teknik

·   Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus

·   Pemeliharaan komponen otomotif

·   Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan

·   Dasar elektronika otomotif

·   Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik, Komponen Utama Sistem Hidrolik

·   Dasar-Dasar Sistem Pneumatik, Komponen Utama Sistem Pneumatik

 

 

 

 

 

 

 

Semester 3

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

PAI

·   Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

·   Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari

tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis terkait

Matematika

Pengukuran

·   Pentingnya Mempelajari Pengukuran

·   Konsep Dasar Pengukuran

·   Jenis-jenis Pengukuran

·   Alat Ukur

·   Konversi Satuan

·   Penerapan proses pengukuran tegangan pada aki

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu memberikan penjelasan tebtang prosedur bidang salah satu komponen sistem engine kendaraan ringan

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

Teknik Kendaraan Ringan

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Pengertian Konversi Energi

·   Proses Konversi Energi pada Kendaraan

·   Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan Sumber Energi

·   Efisiensi Energi

·   Dampak Lingkungan

·   Masa Depan Konversi Energi Kendaraan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Penerimaan Kendaraan

·   Pelaksanaan Pekerjaan

·   Penyerahan Kendaraan

·   Manajemen Bengkel

·   Pelayanan Pelanggan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Periksa Kondisi Kendaraan

·   Persiapan Diri

·   Perilaku saat berkendara

·   Perlakuan kendaraan setelah berkendara

 

 

 

 

Semester 4

 

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik mampu menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

Matematika

Geometri

·   Peserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi).

Bahasa Inggris

Menulis - Mempresentasikan

·   Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan prinsip kerja poros nok.

·   Menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik/ salah satu komponen sistem engine  kendaraaan ringan.

Teknik Kendaraan Ringan

·   Sistem Engine

·   Dasar-dasar Mesin Bakar Dalam

·   Komponen Utama Mesin

·   Sistem Pendukung Mesin

·   Sistem Kontrol Mesin

·   Troubleshooting Mesin

·   Perawatan Mesin

·   Service berkala

·   Jadwal Service Berkala

·   Jenis-Jenis Perawatan pada Service Berkala

·   Manfaat Melakukan Service Berkala

·   Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Service Berkala

 

 

 

6.       Peserta didik  terampil, memiliki pengetahuan dan sikap kompeten di bidang sepeda motor listrik. CPL4.6.

 

Semester 1

 

Mata Pelajaran

Element / Kompetensi

Materi Element /Kompetensi

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

PAI

Akhlak

Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Minuman Keras (Miras), dan Narkoba

TIK

·   Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif

·   Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

·   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata

·   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri. Yang kemudian dengan memberikan contoh yang diterapkan pada camsaht

Bahasa Inggris

Exposition letter

Siswa mampu mendeskripsikan alat yang berhububgan dengan sepeda motor listrik

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

PJOK

·   Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif

·   Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik

·   Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif, misal melakukan perakitan komponen kecil membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, mirip seperti seorang atlet yang melakukan gerakan presisi dalam olahraga seperti panahan atau tenis meja.

·   Mempraktikan keterampilanrangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik, melakukan beberapa gerakan pemanasan sederhana seperti rotasi bahu, ayunan lengan, dan jongkok untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan tubuh untuk bekerja.

Dasar Bidang Keahlian

·   Proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh

·   Perencanaan Produk, Pengadaan Bahan Baku, Proses Produksi, Distribusi dan Logistik, Pemasaran dan Penjualan, Layanan Purna Jual.

·   Perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global

·   Dampak Perkembangan Teknologi Otomotif terhadap Dunia Kerja

·   Isu-Isu Global Terkait Perkembangan Teknologi Otomotif

·   Tantangan dan Peluang

·   Profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang otomotif.

·   Profil Pekerjaan di Bidang Otomotif

·   Kewirausahaan di Bidang Otomotif (Technopreneurship)

·   Peluang Usaha di Bidang Otomotif

·   Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri

·   Tujuan K3LH

·   Unsur-unsur K3LH

·   Budaya Kerja Industri yang Mendukung K3LH

·   Penerapan K3LH di Industri Otomotif

·   Manfaat Penerapan K3LH

·   Teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif

·   Teknik dasar pemeliharaan otomotif

·   Proses Perbaikan Otomotif

·   Bidang-Bidang Pemeliharaan dan Perbaikan Otomotif

·   Alat dan Peralatan yang Digunakan

·   Keterampilan yang Dibutuhkan

 

 

 

Semester 2

 

Mata Pelajaran

Element / Kompetensi

Materi Element /Kompetensi

Bahasa Indonesia

·   Berbicara dan Mempresentasikan

·   Menulis

·   Mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Mengungkapkan kepedulian secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.

·   Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks informasional dan/atau fiksi. Menulis teks eksposisi hasil penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya. Menerbitkan hasil tulisan di media cetak, elektronik, dan/atau digital.

PAI

·   Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama

·   Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

TIK

·   Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide

·   Menerapkan Teknik presentasi yang efektif

·   Membuat slide untuk Presentasi komponen kendaraan ringan

·   Melakukan presentasi yang efektif tentang komponen kendaraan ringan

Matematika

·   Aljabar dan Fungsi

·   Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Mereka dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), serta persamaan eksponensial (berbasis/ bilangan pokok sama) dan fungsi eksponensial.

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu menjelaskan prosedur penanganan masalah seperti melepas as roda, mengganti ring piston dsb yang di lakukan di bengkel dalam bahasa inggris

IPAS

·   Keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu

·   Keterkaitan antara kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik

PJOK

·   Memahami cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

·   Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat  dalam kehidupan sehari-hari, misal minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat bekerja di lingkungan yang panas.

Dasar Bidang Keahlian

·   Gambar teknik

·   Proyeksi, Jenis-jenis Garis, Dimensi, toleransi, dan keterangan Gambar Teknik

·   Peralatan dan perlengkapan tempat kerja

·   Alat Tangan Dasar, Peralatan Khusus

·   Pemeliharaan komponen otomotif

·   Pemeriksaan Berkala, Penggantian Komponen, Penyetelan, Pelumasan, Frekuensi Pemeliharaan

·   Dasar elektronika otomotif

·   Komponen Dasar Elektronika, Konsep Dasar Elektronika, Penerapan Elektronika Otomotif

·   Dasar sistem hidrolik dan pneumatik

·   Prinsip Kerja Dasar Sistem Hidrolik, Komponen Utama Sistem Hidrolik

·   Dasar-Dasar Sistem Pneumatik, Komponen Utama Sistem Pneumatik

 

 

 

 

Semester 3

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi berbagai gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Mengevaluasi dan merefleksi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks di media cetak dan elektronik. Mengapresiasi berbagai tipe teks. Mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

PAI

·   Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

·   Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari

tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman QS Yunus (10): 40-41 dan QS al- Maidah (5): 32, serta Hadis

terkait

Matematika

Pengukuran

·   Pentingnya Mempelajari Pengukuran

·   Konsep Dasar Pengukuran

·   Jenis-jenis Pengukuran

·   Alat Ukur

·   Konversi Satuan

·   Penerapan proses pengukuran tegangan pada aki

Bahasa Inggris

Procedure text

Siswa mampu memberikan penjelasan tebtang prosedur bidang salah satu komponen sistem engine kendaraan ringan

IPAS

Makhluk hidup dan lingkungan

Keterkaitan antara makhluk hidup yang saling bergantung satu dengan yang lain dan hubungannya dengan lingkungannya

Teknik Kendaraan Ringan

·   Konversi Energi Kendaraan Ringan

·   Pengertian Konversi Energi

·   Proses Konversi Energi pada Kendaraan

·   Jenis-Jenis Kendaraan Berdasarkan Sumber Energi

·   Efisiensi Energi

·   Dampak Lingkungan

·   Masa Depan Konversi Energi Kendaraan

·   Proses Pelayanan dan Manajemen Bengkel Kendaraan Ringan.

·   Penerimaan Kendaraan

·   Pelaksanaan Pekerjaan

·   Penyerahan Kendaraan

·   Manajemen Bengkel

·   Pelayanan Pelanggan

·   Prosedur Penggunaan Kendaraan Ringan

·   Periksa Kondisi Kendaraan

·   Persiapan Diri

·   Perilaku saat berkendara

·   Perlakuan kendaraan setelah berkendara

 

 

 

Semester 4

 

 

Bahasa Indonesia

·   Menyimak

·   Membaca dan Memirsa

·   Mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

·   Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai tipe teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik mampu menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik mampu menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks

Matematika

Geometri

·   Peserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi).

Bahasa Inggris

Menulis - Mempresentasikan

·   Menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan saat mempresentasikan prinsip kerja poros nok.

·   Menggunakan keterampilan berbahasa Inggris untuk mengeksplorasi berbagai teks dalam berbagai macam topik/ salah satu komponen sistem engine  kendaraaan ringan.